Praktek Kasih

1 Korintus 13:4-6

Tuhan menganugerahkan kasih sempurna untuk diaktakan dalam realitas hidup setiap hari. Kita harus berusaha melakukan kasih yang utuh itu kepada orang lain, walaupun mungkin menurut ukuran pikiran kita sukar. Kita tahu bagaimana harus bersabar, tetapi terkadang kita tidak sabaran. Kita tahu bagaimana harus bermurah hati, tapi kenyataannya kita kikir, pelit. Yesus berkata: berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan. Kasih itu tidak cemburu buta tanpa alasan rasional. Tidak cemburu dengan kelebihan orang lain. Kasih itu tidak angkuh/arogan, tetapi dalam kenyataan ada banyak orang yang angkuh dan sombong. Biasanya orang yang sombong sulit mendapatkan teman. Apabila kita memiliki banyak harta, jangan sombongkan itu, karena kekayaan milik Tuhan.

Menurut Paulus, kasih tidak melakukan yang tidak sopan artinya kalau seorang hidup menurut kasih ia harus santun dalam berbicara dan bertindak. Santun dalam melayani, berkomunikasi, berorganisasi dan lain-lain. Begitu juga kasih tidak mencari keuntungan diri sendiri, tetapi mengingat orang lain. Kasih juga tidak pemarah, tidak membuat orang marah, tidak pendendam, tidak menyimpan kesalahan orang lain, tetapi terbuka dan siap membuka diri untuk menyatakan apa yang sebenarnya. Artinya kalau seseorang melakukan kesalahan, ia pasti menegor dengan kasih untuk diperbaiki.

Seseorang yang hidup dalam kasih, sangat menjunjung tinggi kebenaran dan keadilanĀ  itulah sebabnya ia tidak bersukacita karena ketidakadilan. Ia tidak suka pada perbuatan yang tidak adil terhadap sesama. Ia tidak suka keadilan itu ditutupi dan diputarbalikkan. Sebagai keluarga kristen, jadikan kasih sebagai patokan/pedoman hidup dan wujudkanlah itu secara utuh, tidak pura-pura, tapi ikhlas sebagaimana storge (kasih keluarga) dan dicerminkan dalamĀ  hidup, sehingga orang lain melihat bahwa kita punya kualitas/integritas hidup yang ber-makna. Amin.

Doa: Tuhan Yesus sumber berkat bagi keluarga kami, tolonglah kami agar kesabaran, kemurahan, kesopanan, kebenaran dan segala Kasih-Mu dapat kami lakukan dalam hidup bersama orang lain. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here