Tidaklah Cukup Bagi Manusia untuk Dipercayai

Mazmur 146:3

Seringkali manusia berjanji namun tidak seluruh perkata-annya dapat diandalkan. Kadang dalam janji itu terdapat kata-kata yang terlalu muluk yang tidak dapat ia genapi. Sehingga ketika kita mendengar perkataannya kita harus pandai-pandai memilih antara yang dapat dipercaya dan yang tidak dapat diper-cayai. Tidak semua janji manusia dapat dipercayai. Masalah yang ada pada diri manusia adalah ketidakjujuran, ketidakpedulian dan sering memakai kedok untuk menutupi kekurangannya.

Firman Tuhan mengajarkan kita janganlah percaya kepada para bangsawan dan kepada anak manusia. Si pemazmur menyadari bahwa pertolongan secara terus-menerus tidak mungkin dapat diharapkan kepada manusia yang fana. Malah manusia bangsawan sekalipun tidak bisa memberi keselamatan. Tidaklah cukup bagi manusia untuk dipercayai sebab hanya Allah saja yang layak dipercaya. Dialah yang selalu menepati janji dan tidak ada tipu daya dalam dirinya. Hanya Tuhan Allah yang dapat diandalkan oleh semua manusia.

Keluarga Kristen diajarkan untuk tidak mengandalkan kekuatan manusia sebab hanya Tuhan Allah satu-satunya yang kita percaya, dapat diandalkan dan memberikan keselamatan. Percaya dan mengandalkan kekuatan manusia adalah keper-cayaan yang bodoh dan sia-sia. Kita diajak juga dalam hidup bersama dengan sesama manusia janganlah ada dalam kepalsuan tetapiĀ  berbuatlah yang benar sehingga perkataan dan tindakan kita dapat dipercayai. Amin.

Doa: Ya Tuhan, ajar kami untuk terus mengandalkan Tuhan dalam hidup ini. Ampuni kami jikalau kami sering mengandalkan kekuatan manusia. Jauhkanlah keluarga kami dari kepalsuan. Kiranya kata dan perbuatan kami berkenan kepadaMu. Amin.