Tanggung Jawab Orangtua Dalam Pengawasan

Lukas 2:43-45

Dalam perayaan Paskah, kota Yerusalem sangat ramai dipenuhi oleh pengunjung dan di tengah situasi seperti itu, Yesus terpisah dari Maria dan Yusuf, tanpa mereka ketahui. Yesus luput dari pengawasan Maria dan Yusuf sehingga Dia tetap tinggal di Yerusalem. Maria dan Yusuf, tetap mencari Yesus sebagai tanda rasa tanggung jawab.

Dimasa kini, masih banyak ditemui orangtua yang meng-abaikan pengawasan terhadap anak, contoh banyak anak-anak terlibat narkoba, seks bebas, perkelahian antar gang dan lain-lain yang menyebabkan masa depan menjadi suram. Demikian pula dengan anak-anak, dalam membentuk jati dirinya, mereka terkadang lebih suka menuruti kehendak mereka sendiri dari pada orang tua.  Misalnya mereka lebih suka mendengar nasihat dari teman-teman mereka yang dekat.

Sebagai keluarga kristen, orangtua jangan menjadi lengah dalam pengawasan terhadap anak, walaupun terkadang anak-anak bertindak di luar jangkauan orangtua. Namun demikian,  belajar dari Yusuf dan Maria, kita tidak melupakan tanggung jawab, dengan mencari dan tetap mencari tanpa kenal menyerah, sampai menemukan kembali anak yang dicari.

Pengawasan orangtua penting bagi anak, di tengah ber-bagai perkembangan teknologi dan budaya yang dapat membuat anak terjauh dari perhatian. Ibu dan bapak jangan pernah lengah mengawasi keberadaan anak kapan dan dimanapun dan sebagai anak-anak harus menghargai perhatian orang tua. Amin.

Doa: Ya Tuhan, ingatkanlah kami sebagai orang tua untuk tidak pernah mengabaikan tanggung jawab terhadap anak-anak. Ajarlah kami untuk selalu mengawasi anak-anak kami dalam keberadaan mereka masing-masing. Amin.

SHARE
Ingin Publikasi informasi kegiatan jemaat/wilayah atau kegiatan apa saja tentang GMIM di website ? Silakan Hubungi Bidang Data dan Informasi Telp : (0431) 352123 Email : info@gmim.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here