Beritakanlah Kebenaran

Yohanes 20:2

        Ada banyak berita yang beredar di sekitar kita, yang seringkali tidak sesuai dengan fakta yang kita lihat, dan dilain pihak ada berita yang sesuai fakta tetapi tidak dapat kita ungkapkan sebagai kesaksian.

Untuk hal ini, kita banyak temukan bahwa ada orang yang bersikap tenang sambil mengkaji, menganalisis sebuah berita yang didengar atau peristiwa yang dilihat, sebelum ia bertindak dan melakukan sesuatu. Namun, ada juga orang yang sangat responsif (cepat bereaksi), lalu cepat-cepat memberikan penilaian dan menyebarkan berita yang belum tentu benar.

Inilah gambaran yang ada dalam ayat firman kita hari ini. Maria Magdalena dan perempuan lain itu hanya melihat kubur yang terbuka, karena batu yang sudah terguling. Mereka melihat dan langsung memberitahukan  kepada Petrus dan murid-murid yang lain dengan sebuah pra-anggapan bahwa “Tuhan telah diambil orang dari kuburnya,  kami tidak tahu dimana Ia diletakkan”. Pra-anggapan ini tentu menimbulkan keguncangan bagi para murid.

Belajar dari firman ini, kita sekarang dicerahkan untuk membaharui kehidupan dimana yang benar harus tetap menjadi kebenaran dan yang salah jangan dijadikan benar.

Sebagai keluarga Kristen, hendaknya mempelajari penyebab dari sebuah peristiwa yang kita lihat dan saksikan adalah unsur yang sangat penting, agar setiap hal yang kita katakan dan beritakan selalu dapat mendatangkan keten-traman dan bukan kekacauan. Amin.

 

Doa: Ya Tuhan, ubahlah hidup kami dengan kasih-Mu agar kami dapat memberitakan kebenaran demi ketentraman banyak orang. Amin.