Hormatilah Tuhan!

Imamat 26:2

            Orang percaya saat ini sering disebut sebagai umat pilihan yang  identik dengan sebutan kepada umat Israel sebagai bangsa pilihan Tuhan. Sejak semula Tuhan sangat mengasihi umat-Nya yang taat dan menghormati-Nya. Belajar dari sejarah bahwa umat Israel mengalami berkat Tuhan ketika mereka hidup dalam ketaatan pada-Nya. Namun ketika mereka hidup dalam ketidaktaatan dan sering meninggalkan Tuhan serta berbalik pada penyembahan berhala maka hukuman/kutukan yang mereka alami.

Bacaan Firman Tuhan hari ini berisikan tentang perintah Tuhan Allah supaya umat Israel memelihara hari-hari sabat dan menghormati tempat kudus-Nya. Sabat berarti berhenti dari sesuatu, hari istirahat yang suci. Tempat kudus adalah Kemah Suci dan pelataran-Nya. Kemah suci itu menjadi pusat Ibadah umat dan merupakan tempat Allah hadir di tengah-tengah umat (Kel. 25:6). Jadi, umat Israel hendaknya hidup dalam kekudusan dengan beribadah kepada Tuhan sebagai bentuk penghormatan.

Sebagai keluarga Kristen, kita diajak untuk terus  memelihara iman di hadapan Tuhan dengan selalu bersekutu dan beribadah kepada-Nya. Inilah wujud ketaatan kita kepada Tuhan yang memerintahkan untuk memelihara sabat dan tempat kudus-Nya. Walau kenyataan banyak orang percaya tidak setia beribadah karena memilih santai atau rekreasi dan memilih bekerja. Dengan beribadah pada-Nya inilah  bentuk ucapan terima kasih atas keselamatan yang diberikan sekaligus penghargaan dan penghormatan kita kepada Tuhan sebagai sumber berkat. Amin.

Doa:  Ya Tuhan, mampukan kami untuk menjaga dan memelihara perintah-perintah-Mu dengan rajin dan setia beribadah kepada-Mu serta  melakukan kehendak-Mu. Amin.