Jangan Menukar Kebaikan dengan Kejahatan

Matius 27:15-18

        Mungkin kita pernah melihat ada orang di sekitar kita yang berani menukar kebaikan dengan kejahatan hanya untuk sebuah kehormatan atau untuk menghindar dari jerat hukum. Seperti yang sering kita lihat diberita televisi, ada orang yang tersangkut suatu perkara, tetapi berupaya menghindar dengan melibatkan orang lain yang tidak bersalah, bahkan berupaya menghadirkan saksi dusta untuk menyelamatkan diri dari hukuman.

Bacaan kita hari ini memberi makna  bahwa demi menyelamatkan diri sendiri, lalu menukar kebaikan dengan kejahatan yang seharusnya Barabas yang dihukum tetapi mereka mendesak kepada Pilatus supaya Yesus yang harus dihukum dan disalibkan. Orang Yahudi  dan Pilatus tidak mendapati suatupun kesalahan pada Yesus namun Dia dipersalahkan karena ada rasa  dengki kepada Yesus.  Dengan kesadaran menukar kebaikan dengan kejahatan, atau merubah kebaikan menjadi kejahatan, lalu dengan bangga kita menyatakan diri sebagai pahlawan yang menyelamatkan  Barabas.

Sebagai keluarga Kristen,  marilah kita mewaspadai diri dan memelihara iman dengan berdoa agar kita tidak terjebak pada perbuatan-perbuatan yang mendatangkan dosa. Artinya kalau benar katakan benar dan kalau salah katakan salah. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman (Yakobus 5:12b), serta gunakanlah talenta dan otoritas kita untuk melakukan hal yang benar bagi semua orang. Semoga kita dimampukan oleh Tuhan. Amin.

 Doa: Ya Tuhan Yesus, bimbinglah dan tuntunlah kami, agar kami tetap kuat dalam cobaan dan mampu melakukan kebaikan demi kemuliaan nama-Mu. Amin.