Merenungkan Karya Tuhan

Mazmur 111:2-3

Orang yang disebut berbahagia apabila kesukaannya/hobinya adalah merenungkan firman Tuhan siang dan malam, merenungkan akan perbuatan-perbuatan  Allah  (Maz.1:2). Merenungkan firman Tuhan kita  membuat belajar menyelidiki karya Tuhan bagi kita dan seisi dunia dan mendapatkan makna yang jelas, merasakan kuasa kasih Tuhan dan mewujudkan dalam kehidupan sehari-hari.  Orang yang suka merenungkan firman Tuhan  akan menyaksikan karya Tuhan bukan hanya melalui perkataan, melainkan lewat kesaksian tindakan maupun karyanya. Keadilan Tuhan diberlakukan-Nya turun-temurun atas orang-orang yang percaya pada-Nya bahkan kepada orang yang diperlakukan dengan tidak adil.

Tuhan Allah sebagai Raja seluruh dunia seakan-akan “berpakainkan keangungan dan semarak” (Mzm. 104:1) pekerjaan-Nyapun demi-kian dan semuanya tertujuh pada hubungan-hubungan yang adil dan benar di sepanjang perjalanan sejarah kehidupan umat manusia. Inilah hasil refleksi iman dan perenungan pemazmur tentang bagaimana karya Tuhan bagi dunia.

Dalam kehidupan  keluarga Kristen sediakanlah waktu khusus untuk merenungkan/menyelidiki karya Tuhan dan maksud Tuhan bagi kita supaya mendapat kekuatan dalam menjalani hidup ini.  Jangan kita berkecil hati, takut bertindak  benar, terlalu pesimis dengan keadaan, meragukan keadilan Tuhan di tengah ancaman dan tantangan yang datang dalam kehidupan pribadi maupun keluarga. Kita menyadari kalau Tuhan memberikan tanda untuk bertindak, maka Dia akan memberikan kuasa kepada kita untuk menjalankan perintahNya. Bersyukur, merenungkan karya Tuhan kiranya menjadi sifat prilaku hidup orang percaya. Amin.

Doa: Ya Tuhan berikanlah Roh dan hikmat-Mu bagi kami, ketika kami merenungkan tentang perbutan-perbuatan-Mu yang ajaib sehinga kami boleh memahami dan memaknai karya selamat-Mu bagi dunia. Mampukanlah kami untuk hidup dalam keadilan dan kebenaran-Mu. Amin.

Program Baca Alkitab Setahun9 Juli                                         Amsal 16-18

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here