Pentakosta-Kenaikan

Bentuk dan arti dari dari stola dan kain mimbarĀ 

Warna dasar kain merah dengan lidah api berwarna merah kekuningan dan salib berwarna kuning disulam pada kain mimbar dan bagian atas stola. Lidah api membentuk simbol burung merpati berwarna putih pada kedua sisi disulam pada bagian bawah stola.

Merah melambangkan api kasih Roh Kudus yang mela-hirkan Gereja. Pada Hari Kenaikan Yesus ke sorga, malaikat-malaikat menyatakan bahwa Yesus akan kem-bali dengan Kemuliaan-Nya. Kemudian pada hari Penta-kosta janji Tuhan digenapi dengan turunnya Roh Kudus. Penderitaan salib telah diganti dengan kemenangan karena itu salib diberi warna kuning yang menyatakan kemuliaan Tuhan. Burung merpati dan lidah api menjadi simbol Roh Kudus (Matius 3:16).

Lambang/simbol hari Kenaikan mengungkapkan penga-kuan iman GMIM bahwa Yesus Kristus adalah Penguasa dan Pemerintah dalam Kerajaan Sorga.

Lambang/simbol perayaan Pentakosta mengungkapkan pengakuan iman GMIM bahwa Tuhan Allah sudah dan sedang melakukan pekerjaan-Nya melalui Roh Kudus dalam dunia. Dia yang naik ke sorga adalah juga yang hadir dalam kuasa Roh Kudus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here